Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”.
Rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Rumusan kompetensi Pengetahuan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
3.1 Menganalisis Fenomena Sifat Koligatif Larutan
Baca :
A, Menganalisis fenomena sifat.
koligatif pada TITIK BEKU larutan
B. Menganalisis fenomena sifat
koligatif pada TITIK DIDIH larutan
C. Menganalisis fenomena sifat
koligatif pada TEKANAN UAP larutan
D. Menganalisis fenomena sifat
koligatif pada OSMOSIS larutan
3.2 Membedakan sifat koligatif larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit
Baca RPP kimia XII SIFAT KOLIGATIF LARUTAN kurikulum 2013
3.3 Menyetarakan persamaan reaksi
redoks
3.4 Menganalisis proses yang terjadi
dalam sel Volta dan menjelaskan
kegunaannya
3.5 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya korosi
dan cara mengatasinya
3.6 Menerapkan stoikiometri reaksi
redoks dan hukum Faraday untuk
menghitung besaran-besaran yang
terkait sel elektrolisis
Baca RPP kimia XII REDOKS DAN ELEKTROKIMIA kurikulum 2013
3.7 Menganalisis kelimpahan,
kecenderungan sifat fisika dan.
kimia, manfaat, dan proses
pembuatan unsur-unsur golongan
utama (gas mulia, halogen, alkali,
dan alkali tanah)
3.8 Menganalisis kelimpahan,
kecenderungan sifat fisika dan
kimia, manfaat, dan proses
pembuatan unsur-unsur periode 3
dan golongan transisi (periode 4)
Baca RPP kimia XII KIMIA UNSUR kurikulum 2023
3.9 Menganalisis struktur, tatanama,
sifat, sintesis, dan kegunaan
senyawa karbon
Baca RPP kimia XII STRUKTUR, TATA NAMA, SIFAT, ISOMER, KEGUNAAN SENYAWA KARBON
3.10 Menganalisis struktur, tata nama,
sifat, dan kegunaan benzena dan
turunannya
Baca RPP 6 kimia XII STRUTUR, TATA NAMA, SIFAT, PENGGUNAAN, DAN PENGGOLONGAN MAKROMOLEKUL
3.11 Menganalisis struktur, tata nama,
sifat dan penggolongan
makromolekul
Rumusan Kompetensi Keterampilan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
4.1 Menyajikan hasil penelusuran
informasi tentang kegunaan prinsip
sifat koligatif larutan dalam.
kehidupan sehari-hari
4.2 Menganalisis data percobaan untuk
menentukan derajat pengionan
Baca RPP kimia XII SIFAT KOLIGATIF LARUTAN kurikulum 2013
4.3 Menentukan urutan kekuatan
pengoksidasi atau pereduksi
berdasarkan data hasil percobaan
4.4 Merancang sel Volta dengan
menggunakan bahan di sekitar
4.5 Mengajukan gagasan untuk
mencegah dan mengatasi
terjadinya korosi
4.6 Menyajikan rancangan prosedur
penyepuhan benda dari logam
dengan ketebalan lapisan dan luas
tertentu
Baca RPP kimia XII REDOKS DAN ELEKTROKIMIA kurikulum 2013
4.7 Menyajikan data hasil penelusuran
informasi sifat dan pembuatan
unsur-unsur golongan utama
(halogen, alkali, dan alkali tanah)
4.8 Menyajikan data hasil penelusuran
informasi sifat dan pembuatan
unsur-unsur Periode 3 dan unsur
golongan transisi (periode 4)
Baca RPP kimia XII KIMIA UNSUR kurikulum 2023
4.9 Menyajikan rancangan percobaan
sintesis senyawa karbon,
identifikasi gugus fungsi dan/atau
penafsiran data spektrum .
inframerah (IR)
Baca RPP kimia XII STRUKTUR, TATA NAMA, SIFAT, ISOMER, KEGUNAAN SENYAWA KARBON
4.10 Menyajikan hasil penelusuran
informasi beberapa turunan
benzena yang berbahaya dan
tidak berbahaya
4.11 Menganalisis hasil penelusuran
informasi mengenai pembuatan
dan dampak suatu produk dari
makromoleku
No comments:
Post a Comment