Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”.
Rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Rumusan kompetensi Pengetahuan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
3.1 Menganalisis struktur dan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan
kekhasan atom karbon dan.
golongan senyawanya
3.2 Menjelaskan proses pembentukan
fraksi-fraksi minyak bumi, teknik
pemisahan serta kegunaannya
3.3 Mengidentifikasi reaksi .
pembakaran hidrokarbon yang.
sempurna dan tidak sempurna
serta sifat zat hasil pembakaran
(CO2, CO, partikulat karbon)
3.4 Menjelaskan konsep perubahan
entalpi reaksi pada tekanan tetap
dalam persamaan termokimia
3.5 Menjelaskan jenis entalpi reaksi,
hukum Hess dan konsep energi
ikatan
3.6 Menjelaskan faktor-faktor yang
memengaruhi laju reaksi.
menggunakan teori tumbukan
3.7 Menentukan orde reaksi dan.
tetapan laju reaksi berdasarkan
data hasil percobaan
3.8 Menjelaskan reaksi kesetimbangan
di dalam hubungan antara pereaksi
dan hasil reaksi
3.9 Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan dan penerapannya
dalam industri
3.10 Menjelaskan konsep asam dan.
basa serta kekuatannya dan
kesetimbangan pengionannya
dalam larutan
3.11 Menganalisis kesetimbangan ion
dalam larutan garam dan
menghubungkan pH-nya
3.12 Menjelaskan prinsip kerja,
perhitungan pH, dan peran larutan
penyangga dalam tubuh makhluk
hidup
3.13 Menganalisis data hasil berbagai.
jenis titrasi asam-basa
3.14 Mengelompokkan berbagai tipe.
sistem koloid, dan menjelaskan
kegunaan koloid dalam.
kehidupan berdasarkan sifat-
sifatnya
Rumusan Kompetensi Keterampilan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
4.1 Membuat model visual berbagai
struktur molekul hidrokarbon
yang memiliki rumus molekul
yang sama
4.2 Menyajikan karya tentang proses
pembentukan dan teknik
pemisahan fraksi-fraksi minyak
bumi beserta kegunaannya
4.3 Menyusun gagasan cara
mengatasi dampak pembakaran
senyawa karbon terhadap
lingkungan dan kesehatan
4.4 Menyimpulkan hasil analisis data
percobaan termokima pada
tekanan tetap
4.5 Membandingkan perubahan
entalpi beberapa reaksi
berdasarkan data hasil percobaan
4.6 Menyajikan hasil penelusuran
informasi cara-cara pengaturan
dan penyimpanan bahan untuk
mencegah perubahan fisika dan
kimia yang tak terkendali
4.7 Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan
orde reaksi
4.8 Menyajikan hasil pengolahan data
untuk menentukan nilai tetapan
kesetimbangan suatu reaksi
4.9 Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan
4.10 Menganalisis trayek perubahan
pH beberapa indikator yang
diekstrak dari bahan alam melalui
percobaan
4.11 Melaporkan percobaan tentang
sifat asam basa berbagai larutan
garam
4.12 Membuat larutan penyangga
dengan pH tertentu
4.13 Menyimpulkan hasil analisis data
percobaan titrasi asam-basa
4.14 Membuat makanan atau produk
lain yang berupa koloid atau
melibatkan prinsip koloid
No comments:
Post a Comment