Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Tonton Video TUGAS GURU
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”.
Rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Tonton Video TUGAS GURU
Rumusan kompetensi Pengetahuan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
3.1 Menjelaskan,
A. Metoda Ilmiah
KLIK LINK dan Baca tentang : METODA ILMIAH
B. Hakikat Kimia
KLIK LINK dan Baca tentang HAKIKAT KIMIA
C. Keselamatan dan Keamanan di Laboratorium
KLIK LINK dan Baca tentang : KESELAMATAN DAN KEAMANAN DI LABORATORIUM
D. Peran Ilmu Kimia dalam kehidupan
KLIK LINK dan Baca tentang : PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN
3.2 Menganalisis Perkembangan model atom
A. Menganalisis perkembangan model atom
KLIK LINK dan Baca tentang : Menganalisis perkembangan model atom
B. Model atom Dalton
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Dalton
C. Model atom Thomson
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Thomson
D. Model atom Rutherford
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Rutherford
E. Model Bohr
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Bohr
F. Model atom Mekanika Gelombang
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Mekanika Gelombang
3.3 Menjelaskan
A. Konfigurasi elektron
KLIK LINK dan Baca tentang : Konfigurasi elektron
- pola konfigurasi elektron terluar
untuk tiap golongan dalam
tabel periodik
3.4 Menganalisis
- kemiripan sifat unsur dalam
golongan
- dan kemiripan sifat unsur dalam
keperiodikannya
3.5 Membandingkan
- ikatan ion,
- ikatan kovalen,
- ikatan kovalen koordinasi,
- dan ikatan logam
- serta kaitannya dengan sifat zat
- tata nama dan rumus kimia
3.6 Menerapkan
- Teori Pasangan Elektron Kulit
Valensi (VSEPR)
- dan Teori Domain elektron dalam
menentukan bentuk molekul
3.7 Menghubungkan
- interaksi antar ion,
- interaksi antar atom
- dan interaksi antar molekul.
- dihubungkan pada sifat fisika zat
3.8 Menganalisis
- sifat larutan berdasarkan daya
hantar listriknya
- sifat asam - basa
3.9 Mengidentifikasi
- reaksi reduksi
- reaksi oksidasi
menggunakan konsep bilangan
oksidasi unsur
3.10 Menerapkan
- hukum dasar kimia,
- konsep massa molekul relatif,
- persamaan kimia,
- konsep mol,
- dan kadar zat untuk
menyelesaikan perhitungan
kimia
Tonton Video TUGAS GURU
Rumusan Kompetensi Keterampilan adalah sebagai berikut,
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
4.1 Menyajikan hasil rancangan dan
hasilpercobaan ilmiah
4.2 Menjelaskan fenomena alam atau
hasil percobaan menggunakan
model atom
4.3 Menentukan letak suatu unsur
dalam tabel periodik berdasarkan
konfigurasi elektron
4.4 Menyajikan hasil analisis data-data
unsur dalam kaitannya dengan
kemiripan dan sifat keperiodikan
unsur
4.5 Merancang dan melakukan
percobaan untuk menunjukkan
karakteristik senyawa ion atau
senyawa kovalen berdasarkan
beberapa sifat fisika
4.6 Membuat model bentuk molekul
dengan menggunakan bahan-
bahan yang ada di lingkungan
sekitar atau perangkat lunak
komputer
4.7 Menerapkan prinsip interaksi antar
ion, atom dan molekul dalam
menjelaskan sifat-sifat fisik zat di
sekitarnya
4.8 Membedakan daya hantar listrik
berbagai larutan melalui
perancangan dan pelaksanaan
percobaan
4.9 Menganalisis beberapa reaksi
berdasarkan perubahan bilangan
oksidasi yang diperoleh dari data
hasil percobaan dan/ atau melalui
percobaan
4.10 Menganalisis data hasil percobaan
menggunakan hukum-hukum
dasar kimia kuantitatif
Tonton Video TUGAS GURU
Kisi-kisi UAS / PAS semester 2 2018/2019
Indikator UAS / PAS semester 2 18/19
Soal UAS / PAS semester 2 2018/2019
Nama sadiah
ReplyDeleteKelas x ips 1
Jawaban
1.D
2.A
3.E
4.D
5.A
6.C
7.D
8.B
9.E
10.A
11.D
12.B
13.B
14.B
15.A
Perbaiki no 7, 13, 15
DeleteNilai 80
Nama: yuni sri maulina
ReplyDeleteKelas : x ips 1
1.d
2.a
3.e
4.d
5.a
6.c
7.d
8.b
9.e
10.a
11.d
12.b
13.b
14.b
15.a
Perbaiki no 7, 13
ReplyDeleteNilai 80
Rendi Febrian
ReplyDeleteKelas :X ips 1
1.d
2.a
3.c
4.d
5.e
6.c
7.a
8.a
9.e
10.c
11.d
12.c
13.a
14.b
15.c
Syahdan jihadul Akbar
ReplyDeletekelas x ips 2
1.a
2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c
Megga Nur Astati
ReplyDeleteX ips 3
1.a
2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c
Muhamad.abdul.muis.esa.permana.
ReplyDeleteX ips 3
1.a
2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c
1.a
ReplyDelete2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c
Runtiah
ReplyDeleteX ips 3
1.a
2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c
Runtiah
ReplyDeleteX ips 3
1a
2.a
3.e
4.d
5.d
6.c
7.c
8.b
9.e
10.a
11.d
12.d
13.b
14.b
15.c