Salamat Datang Di Blog Saya "Studying Chemistry-Belajar Kimia"

Tuesday, April 16, 2019

10 alat musik-tarian-makanan-rumah adat-senjata khas daerah

10 jenis alat musik daerah
1.   Dari daerah Batak
      Alat musik : Sarune Bolon
      Gambar alat

Sarune bolon merupakan alat musik tradisional suku Batak Sumatera Utara yang terbuat dari kayu, tanduk kerbau dan kayu arung sebagai "ipit-ipit" sebagai sumber suara.
Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Cara menipu alat ini dengan tembok "Marilah hosa" (circular breathing)  yakni nafas ditarik tetapi tanpa menghentikan suara Sarune tersebut.
Sarune bolon adalah pembawa lagu (melodi) dalam Gondang Batak.
      Tarian : Tor-Tor
      Gambar tarian
Biasanya sebelum acara di mulai terlebih dahulu tuan rumah atau hasuhutan melakukan acara khusus yang dinamakan 'Tua ni Gondang'. Dalam pelaksanaan tarian tersebut salah seorang dari hasuhutan akan meminta kepada penabuh gondang dengan kata-kata yang sopan dan santun atau yang biasa disebut amang pargonci.
Setiap selesai satu permintaan selalu diselingi dengan pukulan gondang dengan ritme tertentu dalam beberapa saat. Setelah permintaan tersebut dilaksanakan dengan baik,  maka barisan keluarga suhut yang telah siap manortor (menari) mengatur susunan tempat berdirinya untuk memulai menari.

2.
10. Ukulele
      Gambar alat
  Konon ukulele ditemukan di Hawaii
Konon Ukulele ditemukan di Hawaii tahun 1879, pada waktu itu suatu perjalanan imigran Portugis dari Madeira (Azores) dari Portugal melakukan perjalanan melalui Afrika Selatan ke Hawaii antara tahun 1878 hingga 1913 sebanyak 20.000 orang, salah seorang membawa gitar kecil yang disebut Braginho di Braga (Portugal). 
Pada tahun berikutnya, ukulele dibawa ke pulau Ambon, mampir ke Makassar, dan akhirnya menjadi alat utama musik Keroncong di kampung Toegoe (Cilincing,  Jakarta Utara)




No comments:

Post a Comment