Salamat Datang Di Blog Saya "Studying Chemistry-Belajar Kimia"

Monday, April 8, 2019

Model Atom Rutherford

Pada tahun 1910 Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geiger dan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan penembakan lempeng tipis emas dengan sinar alfa.
Dari hasil pengamatan ada tiga hal yaitu pertama ada sinar alfa yang melewati lempeng tipis emas tersebut dihablurkan menyimpang dengan sudut ke segala arah, kemudian yang kedua ada sinar alfa yang melewati lempeng tipis emas tanpa ada pembelokan, dan yang ketiga ada sinar alfa tidak dapat menembus lempeng tipis emas dipantulkan tanpa ada pembelokan.

Dari hasil pengamatan dan dibantu ilmu pengetahuan lain Rutherford bersama muridnya menyimpulkan ketiga peristiwa tersebut. 
Yang sinar alfa nya dipantulkan tanpa ada pembelokan berarti pada atom ada  emas ada partikel (bermuatan positif yang dinamakan inti atom karena tepat berada di tengah)  yang membuat sinar alfa (bermuatan positif) terjadi tolak menolak yang membuat sinar alfa dipantulkan.
Yang sinar alfa menembus lempeng tipis emas tanpa pembelokan di duga pada atom emas ada ruang kosong.
Yang sinar alfa menembus lempeng tipis emas beberapa sinar alfa mengalami pembelokan diduga sinar alfa melewati partikel inti atom dan partikel elektron (yang ditemukan JJ Thomson) di ruang kosong atom tersebut sehingga sinar alfa dihablurkan sesuai sudut pembelokannya. 
Jadi dipastikan di dalam atom berupa ruang kosong dan di tengah-tengahnya ada partikel padat  inti atom yang bermuatan listrik positif dan elektron yang disebut Thomson berada di dalam atom yakni di ruang kosong bukan menempel di permukaan atom. Dengan demikian yang berupa partikel pada atom adalah elektron dan inti atom.
Berdasarkan hasil percobaan Milikan massa elektron mendekati Nol sehingga massa atom terpusat pada inti atom. Demikian setelah penemuan proton dan neutron, kedua partikel itu berada pada inti atom. Jadi inti atom terdiri proton dan neutron.

Dari hasil percobaannya ini Rutherford mengemukakan model atom yang lain dari model atom Thomson
Gambar film tangkapan sinar alfa 
1. Bentuk tangkapan sinar alfa pada kertas film yang berbentuk bulat, atom berbentuk bulat. 
2. Sinar alfa yang dipantulkan tanpa pembelokan berada di tengah sesuai tangkapan sinar alfa pada kertas film, inti atom berada di tengah atom.
3. Kebanyakan sinar alfa yang tembus tanpa dibelokan sesuai tangkapan sinar alfa pada kertas film,  atom kebanyakan merupakan ruang kosong.
4. Sebagian sinar alfa yang tembus dengan pembelokan menyatakan adanya elektron di ruang kosong mengelilingi inti atom.
Gambar model atom Rutherford 

Kelebihan dan kekurangan model atom Rutherford,
Kelebihan model atom Rutherford,
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti.
Teori ini menginspirasi pada penemuan baru berikutnya yaitu tentang lintasan /kedudukan elektron yang selanjutnya dikenal sebagai kulit elektron.
Kelemahan model atom Rutherford,
Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori gerak, apabila elektron bergerak mengitari inti disertai pemancaran energi maka lama-kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan berkurang yang membuat lintasannya makin inti yang akhirnya gaya tarik antar muatan negatip elektron dengan muatan positip semakin menguat akibatnya elektron menempel pada inti atom.

Uji Kompetensi Perkembangan model atom

No comments:

Post a Comment