Tuesday, February 26, 2019

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR KIMIA KELAS X SMA

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Tonton Video TUGAS GURU

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tonton Video TUGAS GURU

Rumusan kompetensi Pengetahuan adalah sebagai berikut,

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.

Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
3.1 Menjelaskan,
A. Metoda Ilmiah
KLIK LINK dan Baca tentang : METODA ILMIAH
B. Hakikat Kimia
KLIK LINK dan Baca tentang HAKIKAT KIMIA
C. Keselamatan dan Keamanan di Laboratorium
KLIK LINK dan Baca tentang  : KESELAMATAN DAN KEAMANAN DI LABORATORIUM 
D. Peran Ilmu Kimia dalam kehidupan
KLIK LINK  dan Baca tentang : PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN

3.2 Menganalisis Perkembangan model atom
A. Menganalisis perkembangan model atom
KLIK LINK dan Baca tentang : Menganalisis perkembangan model atom
B. Model atom Dalton
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Dalton
C. Model atom Thomson
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Thomson
D. Model atom Rutherford
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Rutherford
E. Model Bohr
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Bohr
F. Model atom Mekanika Gelombang
KLIK LINK dan Baca tentang : Model atom Mekanika Gelombang


3.3 Menjelaskan
A. Konfigurasi elektron
KLIK LINK dan Baca tentang : Konfigurasi elektron
       - pola konfigurasi elektron terluar
         untuk tiap golongan dalam
         tabel periodik
3.4 Menganalisis
       - kemiripan sifat unsur dalam
         golongan
       - dan kemiripan sifat unsur dalam
         keperiodikannya
3.5 Membandingkan
       - ikatan ion,
       - ikatan kovalen, 
       - ikatan kovalen koordinasi,
       - dan ikatan logam
       - serta kaitannya dengan sifat zat
       - tata nama dan rumus kimia
3.6 Menerapkan
       - Teori Pasangan Elektron Kulit
         Valensi (VSEPR)
       - dan Teori Domain elektron dalam
         menentukan bentuk molekul
3.7 Menghubungkan
      - interaksi antar ion,
      - interaksi antar atom
      - dan interaksi antar molekul.
      - dihubungkan pada sifat fisika zat
3.8 Menganalisis
       - sifat larutan berdasarkan daya
         hantar listriknya
       - sifat asam - basa
3.9 Mengidentifikasi
       - reaksi reduksi
       - reaksi oksidasi
       menggunakan konsep bilangan
       oksidasi unsur
3.10 Menerapkan
         - hukum dasar kimia,                   
         - konsep massa molekul relatif,
         - persamaan kimia,
         - konsep mol,
         - dan kadar zat untuk
           menyelesaikan perhitungan
           kimia

Tonton Video TUGAS GURU

Rumusan Kompetensi Keterampilan adalah sebagai berikut,

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar yang diharapkan mampu,
4.1 Menyajikan hasil rancangan dan
       hasilpercobaan ilmiah
4.2 Menjelaskan fenomena alam atau
       hasil percobaan menggunakan
       model atom
4.3 Menentukan letak suatu unsur
       dalam tabel periodik berdasarkan
       konfigurasi elektron
4.4 Menyajikan hasil analisis data-data
       unsur dalam kaitannya dengan
       kemiripan dan sifat keperiodikan
       unsur
4.5 Merancang dan melakukan
       percobaan untuk menunjukkan
       karakteristik senyawa ion atau
       senyawa kovalen berdasarkan
       beberapa sifat fisika
4.6 Membuat model bentuk molekul
       dengan menggunakan bahan-
       bahan yang ada di lingkungan
       sekitar atau perangkat lunak
       komputer
4.7 Menerapkan prinsip interaksi antar
       ion, atom dan molekul dalam
       menjelaskan sifat-sifat fisik zat di
       sekitarnya
4.8 Membedakan daya hantar listrik
       berbagai larutan melalui
       perancangan dan pelaksanaan
       percobaan
4.9 Menganalisis beberapa reaksi
       berdasarkan perubahan bilangan
       oksidasi yang diperoleh dari data
       hasil percobaan dan/ atau melalui
       percobaan
4.10 Menganalisis data hasil percobaan
         menggunakan hukum-hukum
         dasar kimia kuantitatif

Tonton Video TUGAS GURU

Kisi-kisi UAS / PAS semester 2 2018/2019

Indikator UAS / PAS semester 2 18/19

Soal UAS / PAS semester 2 2018/2019

11 comments:

  1. Nama sadiah
    Kelas x ips 1
    Jawaban
    1.D
    2.A
    3.E
    4.D
    5.A
    6.C
    7.D
    8.B
    9.E
    10.A
    11.D
    12.B
    13.B
    14.B
    15.A

    ReplyDelete
  2. Nama: yuni sri maulina
    Kelas : x ips 1
    1.d
    2.a
    3.e
    4.d
    5.a
    6.c
    7.d
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.b
    13.b
    14.b
    15.a

    ReplyDelete
  3. Rendi Febrian
    Kelas :X ips 1
    1.d
    2.a
    3.c
    4.d
    5.e
    6.c
    7.a
    8.a
    9.e
    10.c
    11.d
    12.c
    13.a
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  4. Syahdan jihadul Akbar
    kelas x ips 2
    1.a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  5. Megga Nur Astati
    X ips 3
    1.a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  6. Muhamad.abdul.muis.esa.permana.
    X ips 3
    1.a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  7. 1.a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  8. Runtiah
    X ips 3
    1.a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete
  9. Runtiah
    X ips 3
    1a
    2.a
    3.e
    4.d
    5.d
    6.c
    7.c
    8.b
    9.e
    10.a
    11.d
    12.d
    13.b
    14.b
    15.c

    ReplyDelete